Inspirasi Kue Jepang Menjadikan Bakpia Kukus 'Booming'

SLEMAN, KRJOGJA.com - Pilihan kuliner oleh-oleh di DIY kini bertambah dengan banyaknya inovasi dari para produsen. Salah satu yang sedang digandrungi wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta yakni bakpia kukus berkarakter lembut berbeda daripada bakpia biasanya.

Dua tahun terakhir setelah muncul brand Bakpia Tugu Jogja, wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta memilih buah tangan bakpia kukus tersebut untuk dibawa kembali ke daerah asal. Tak heran bila setiap pagi di gerai yang ada di Jalan Kaliurang Sleman, belasan orang rela mengantre demi mendapat bakpia kukus pertama yang diantarkan menggunakan mobil box dari pabrik kawasan Tajem Sleman.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Bakpia kukus yang beberapa mengatakan lebih mirip melting cake dengan isian lumer ini ternyata menjadi daya tarik tersendiri karena citarasa yang lebih kekinian. Isian keju, kacang merah, kacang hijau dan coklat ternyata diminati dengan kue bakpia yang lebih lembut karena dikukus bukan dipanggang.

Alasan itulah yang kemudian membuat Bakpia Tugu Jogja melebarkan sayap membuat enam gerai di berbagai sudut Yogyakarta. Ribuan box berhasil laku terjual dalam satu hari di masing-masing outlet yang tersebar di titik-titik keramaian.

Yudi Permadi, General Manager Bakpia Tugu Jogja mengungkap rasa unik dan tekstur yang berbeda daripada bakpia biasa tampaknya menjadi daya tarik bagi konsumen untuk datang. “Sensasi bakpia ini lembut dan dalamnya meleleh, kita jenisnya basah jadi beda dengan bakpia biasa yang kering. Mungkin itu yang jadi daya tarik,” ungkapnya di sela pembukaan gerai keenam di Jalan Raya Jogja Solo km 9, Kamis (25/4/2019).

Yudi mengungkap ide bakpia kukus ini sebenarnya didapatkan dari Jepang beberapa tahun lalu saat owner Bakpia Tugu Jogja berkunjung ke Negeri Sakura. “Saat itu jalan-jalan dan nemu kue yang mirip bakpia, akhirnya dibawa ke Yogya dan dimodifikasi hingga tercetuslah bakpia kukus ini. Jadi, ciri khas Yogyanya tetap dapat tapi juga ada inovasinya,” sambung dia.

Bakpia Tugu Jogja yang dinilai menjadi pelopor bakpia kukus kini berupaya mendukung upaya pemerintah dan berbagai instasi lainnya guna meningkatkan kunjungan pariwisata Yogyakarta. Banyaknya wisatawan dalam dan luar negeri yang memilih bakpia kukus sebagai buah tangan diharapkan mampu menegaskan kembali predikat Yogyakarta sebagai kota pariwisata.

“Kami ingin bisa ambil bagian dalam memajukan pariwisata Yogyakarta. Produk kami memang baru namun harapannya bisa membawa daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Yogya,” pungkasnya.

Gerai bakpia kukus Tugu Jogja sendiri saat ini ada di enam lokasi yakni Jalan Kaliurang, Stasiun Lempuyangan, Stasiun Tugu Yogyakarta, Bandara Adisutjipto dan Mall Malioboro. (Fxh)

 

© Copyright 2018. Ngejogja.com