Chef John Tarigan Sulap Jantung Pisang jadi Masakan Super Lezat

SLEMAN, KRJOGJA.com - Banyak yang belum tahu jantung pisang bisa dijadikan menu masakan. Jantung pisang di tangan executive chef John F. Tarigan diolah mampu menjadi menu unggulan Samazana Restauran Royal Ambarukmo.

Pada kesempatan Chef's Moment Sabtu, (30/03/2019), chef John membagikan tata cara membuat olahan jantung pisang yang kemudian dinamai Thai Banana Flower Salad yang berasal dari Thailand.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Ingredient Thai Banana Flower Salad diantara yaitu, ayam yang sudah filled kemudian di masak. Udang jenis Tiger Prawn yang dipotong kecil-kecil. Langkah selanjutnya yaitu kedua bahan tersebut ditumis. Resep lainnya yaitu cabe yang sudah dibuang bijinya, dipotong kecil-kecil dan di masak dengan gula sehingga rasanya pedas manis (Chili jan).

Hal lain yang perlu disiapkan adalah bawang merah yang diiris tipis-tipis dan di marinade dengan air es. Meskipun aroma bawangnya berkurang tetapi tetap ada cover dari saladnya sendiri. Selanjutnya adalah daun ketumbar yang sudah di slice untuk dicampurkan di dalamnya. Ada juga lemon juice untuk diperas dan dicampurkan pada ingredient yang ada. Terdapat pula kacang mete yang sudah di panggang.

Jantung pisang yang harus dipersiapkan yaitu bagian dalam karena bagian luar terlalu keras, serta bunganya. Selanjutnya jantung pisang diiris tipis dan di rendam dalam lemon juice dan garam selama 30 menit serta ditiriskan. Lemon juice berfungsi menjaga warna irisan jantung pisang agar tidak hitam, sedangkan garam untuk seasoning. Tidak ada proses cooking selain udang, ayam dan cabe yang dibuimbui menggunakan lada, garam dan chili jan.

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dan diaduk semuanya serta diberikan perasan lemon, lada, dan garam. Proses pembersihan jantung pisang sendiri cukup dicuci saja. Sentuhan terakhir penyajian diberikan bawang merah slice, daun microgreen, chili jan, dan kacang mete panggang, sehingga rasanya merupakan perpaduan rasa manis pedas dan asam serta crunchi. (KRA-10)

© Copyright 2018. Ngejogja.com