Disukai Bocah, Pemuda Cageran Kembangkan Wisata Susur Sungai

SLEMAN, KRJOGJA.com - Wisata dengan memanfaatkan potensi desa kembali muncul di Kabupaten Sleman. Kali ini di Dusun Cageran Desa Tamanmartani Kecamatan Kalasan sleman yang dikelola oleh  pemuda setempat. Memanfaatkan aliran anak Sungai Opak, pengunjung dapat melakukan susur sungai menggunakan ban atau tubbing.

Baru dibuka sekitar dua pekan lalu, wisata baru ini langsung dipadati pengunjung. Mayoritas masih warga sekitar. Namun beberapa di antaranya juga dari luar Cageran. Bahkan hingga luar Sleman. 

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

Saat hari biasa, pengunjung sudah mencapai 50-80 orang. Padahal jam operasionalnya hanya sore hari saja. Sedangkan saat akhir pekan pengunjung sampai menyentuh angka 100-200 orang. Karena sejak pagi sudah mulai berdatangan.

"Itu belum termasuk orangtua yang mengantar. Karena sebagian besar pengunjung adalah anak-anak. Pengunjung dapat melakukan susur sungai sejauh kurang lebih dari 100 meter dari hulu ke hilir," kata Indri salah satu pengelola, Minggu (25/11/2018).

Untuk menikmati susur sungai dengan air alami dari Gunung Merapi ini, pengunjung cukup menyewa ban seharga Rp 5.000. Sedangkan untuk warga setempat, hanya Rp 3.000. Selain ban, pengelola juga sudah menyiapkan helm. Saat ini sedang diupayakan untuk menambah pelampung.

Shifa salah satu pengunjung mengaku senang bermain air di Cageran ini. Karena banyak teman dan juga dekat rumah. "Ini bermain air menggunakan ban. Datangnya bersama teman-teman," ungkap pelajar sekolah dasar ini.(Awh)

 

© Copyright 2018. Ngejogja.com